Jumat, 22 Februari 2013

Opini : MEMAKNAI HIJAB


Opini tentang bagaimana memaknai "Hijab". Seperti kita ketahui, bahwa trend bagi muslimah sekarang kebanyakan tengah membicarakan mengenai "Hijab". Bahkan sampai membuat perkumpulannya, yang sering dinamai "Hijabers", sekumpulan muslimah yang suka akan hijab. Ingin tahu lebih lanjut mengenai "Hijab", silakan baca opini dibawah ini...

Hijabers, hijabers,,, siapa yang tidak tahu itu, pasti semua orang tahu tentang hijabers. Hijabers adalah perkumpulan perempuan- perempuan yang berhijab. Perempuan yang menggunakan busana muslim dengan model- model yang trendy dan tidak terkesan kampungan. Apa sebenarnya makna hijab yang sesungguhnya?

Hijab adalah pembatas, dimana setiap orang tidak bebas,selalu ada pembatas, penutup dan pelindung. Setiap manusia tidak ada yang melakukan tindakan yang sebebas- bebasnya. Selalu ada aturan dalam setiap tindakan yang dilakukan. Karena hijab adalah perintah dari Allah SWT.

Hijab sebagai penutup 

Hijab juga bisa diartikan menutup aurat bagi para wanita- wanita muslimah. Hal ini dinyatakan dalan Al- Qur’an surat Al- Ahzab : 59, yang menunyai arti,” Wahai nabi, katakanlah kepada istri- istrimu, anak- anak perempuanmu dan istri- istri orang mukmin:’ Hendaklah mereka mengulurkan jilbab keseluruh tubuh mereka, yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah maha pengampun lagi maha penyayang.” 

Menutup bukan berarti segala sesuatu semuanya ditutup dari orang lain, bahkan keluarga, sanak saudara tidak boleh mengetahuinya. Yang dimaksud bukanlah seperti itu, yang dimaksud adalah menutup aurat dari orang yang bukan muhrimnya.

Menutup bukan hanya sekedar ditutup, namun dalan artian hijag adalah menutup serta menjaga diri dari dari orang lain. Serta menjaga tingkah laku kita, agar tidak keluar dari syari’at Islam.

Hijab sebagai pembatas 

Manusia adalah terbatas, tidak ada manusia yang bebas, karna hidup penuh aturan yang harus dilaksanakan. Karena jika ada orang bebas termasuk ciri kebodohan. Jika kita bergaul tanpa batas dan tidak lagi memperhatikan norma dan nilai- nilai susila termasuk orang yang bodoh. Dalam Al- Qur’an yang telah diungkapkan diatas bahwa, wanita memakai jilbab adalah sebagai identitas, agar mudah dikenal dan supaya tidak diganggu.

Hijab sebagai pelindung 

Dengan berhijab orang bisa terlindung dari gangguan- gangguan. Dengan kita mengulurkan jilbab, orang lain akan lebih menghormati dan menghargai. Karena  perempuan yang memperlihatkan kecantikannya dan menampakkan keindahan tubuhnya, potensi mendapat gannguan lebih besar. Dalam Islam sudah dianjurkan untuk perempuan-perempuan supaya menutup auratnya, kepada yang bukan muhrimnya. Sehingga Islam sangat memperhatikan masalah ini, sehingga ada batasan- batasan mengenai menutup aurat. Dalam hadist  dikatakan bahwa :” Jika seorang wanita telah menjalani haid, maka tidak diperbolehkan baginya dilihat kecuali ini dan ini. Beliau mengisyaratkan wajah dan telapak tangannya.”(HR. Abu Dawud).

Ada beberapa hal untuk berhijab yang benar, yaitu:

Pertama, hijab itu, harus menutup seluruh badan kecuali wajah dan telapak tangan, yang dikenkan ketika memberikan kesaksian maupun shalat.
Kedua, hijab bukan dimaksudkan sebagai hiasan diri, sehingga jangan memakai kain yang mencolok atau kain yang banyak gambar, sehingga membuat orang lain berhasrat untuk selalu memandangnya.
Ketiga, hijab harus mengenkan pakaian yang longgar dan tidak sempit sehingga tidak menggambrkan postur tubuhnya.
Keempat, hijab tidak diperkenankan memakai pakaian menyerupai laki- laki.

Hijab  bisa dijadikan sebagai alternatif untuk para perempuan yang memaknai bahwa memakai bahwa jilbab itu adalah kolot, kampungan dan tidak modis. Selama hijab dilakukan dengan cara yang benar  dan tidak keluar dari syari’at Islam, bahwa perempuan harus menutup auratnya. Apapun modelnya, hijab bagus untuk dilakukan. Demi perubahan perempuan dan keselamatan perempuan lebih terjaga.

By. Immawati Nikmatus Saidah/ Mahasiswi KKI-FAI UMY/2010

2 komentar:

  1. bagus hanya saja gambar nya masih tidak sesuai dengan isinya.

    BalasHapus
  2. thanks sebelumnya dah visit...
    ok,,, sarannya makasih banyak,,,
    akan diperbaiki lagi.... :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar anda. Bebas, tapi dilarang yang mengandung SARA.
Fastabiqul Khoirot