Senin, 15 April 2013

Rahasia Sukses Pengusaha Waroeng Steak & Shake



"Setiap orang yang sukses itu dimulai dari impian yang kuat dan sungguh-sungguh"

Itulah untaian kata yang diucapkan oleh H. Jodi Broto Suseno, setelah beberapa saat sebelumnya mengajak kami semua untuk melantunkan surah al-Fatihah bersama-sama dalam hati. H. Jodi menyampaikan kalimat demi kalimat yang membuat kami semua berdecak kagum.  H. Jodi pemilik warung makan yang cukup terkenal di Jogja-bahkan mungkin di luar Jogja-yang bernama "Waroeng Steak & Shake" ini, berbagi pengalamannya meraih sukses menjadi Bos dari 1300 karyawannya dalam acara Studium General yang diadakan oleh University Resident (Unires) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Senin (25/3).
Pria yang sekarang sudah memiliki empat orang anak ini melanjutkan, bahwa terkadang sesorang itu lupa dengan impiannya. Tidak jarang pula kita lupa dengan apa yang kita impikan. Oleh karena itu, impian yang kita miliki itu harus tertanam kuat, tidak boleh pergi ke mana-mana. Niat yang dimiliki pun juga harus kuat, karena impian itu sama dengan niat.Begitu pula jika memiliki impian untuk menjadi seorang pengusaha sukses.

Butuh kerja keras memang, untuk mewujudkannya. Karena menjadi seorang pengusaha sukses dan memiliki karyawan hingga ribuan serta cabang di seluruh kota-kota besar, tidak mungkin dapat diraih tanpa perjuangan keras dan keyakinan pada sang Pencipta bahwa Dia akan memeluk mimpi-mimpi kita. Namun, semuanya itu belum tentu dapat terwujud, kalau kita tidak melakukan 1 langkah kecil. Karena tentunya langkah besar selalu diawali dengan langkah kecil, bukan..?!

Nah, hal ini yang juga dirasakan oleh H. Jodi. Bermodalkan penjualan motor satu-satunya yang ia miliki, ia mencoba membuka usaha. Modal yang benar-benar seadanya, ia bersama istrinya pertama kali melakukan usaha jual beli koran, kemudian menjual parsel, beralih menjadi penjual susu segar, roti BBQ Bebakaran, kemudian beralih lagi menjadi penjual kaos partai, Obonk Steak, dan yang terakhir hingga saat ini Waroeng Steak & Shake. Modal 8 juta rupiah yang digunakan olehnya, pada tahun 2000 lalu berhasil membuatnya membuka usaha Waroeng Steak & Shake dengan dua karyawan. Meski hanya dengan dua karyawan, dirinya dan istrinya yang mengelola Waroeng Steak & Shake tersebut, namun kegigihan, kekuatan impian dan kekuatan do'a tetap membuktikan bahwa Waroeng Steak & Shake (WS) ini mampu berkembang pesat hingga saat ini, tepatnya tahun 2013 ini. Saat ini juga, pemilik WS ini sudah memiliki 1300 karyawan yang mengolola usaha kuliner tersebut.

Dari usaha kuliner yang H. Jodi jalani ini, ada yang menarik dari sistem atau aturan yang ditetapkan pada karyawannya. Setiap hari, absensi yang menunggu para karyawan untuk diisi adalah absensi shalat Dhuha. Selain itu, H. Jodi juga menyediakan form khusus untuk hafalan satu juz ayat-ayat al-Quran atau surah-surah pilihan. "Kalau ada karyawan yang sudah hafal satu juz, saya beri hadiah Umroh," ujarnya. Pemilik usaha kuliner yang telah meraih sertifikat Halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini juga menerapkan aturan lain yang diberi nama "Spiritual Company". Spiritual Company yang ia bangun diantaranya berhenti merokok, membaca Al-Quran satu hari satu juz, shalat dhuha, menunaikan shalat wajib di awal waktu, dan pengajian bagi para karyawan "Waroeng Steak & Shake".

Inilah salah satu yang membedakan usaha kuliner H. Jodi dengan kebanyakan usaha kuliner lainnya di Tanah Air, khususnya di Jogjakarta. Hal itu juga yang menjadi rahasia sukses pengusaha muda ini. Walau pun untuk memulai usaha umumnya tidak bisa terlepas dari empat hal yaitu produk yang unik, price (modal), promosi, dan tempat. Namun, bagi seorang pengusaha Muslim juga tidak bisa tidak memegang etika bisnis yang Rasulullah SAW contohkan pada kita, yakni Sidiq (jujur), Amanah (bisa dipercaya), Tabligh (menyampaikan firman Allah), dan Fathonah (cerdas). "Dan yang paling penting juga adalah jangan pernah melupakan Allah" tegas H. Jodi.

(Immawati sakinatud dhuhuriyah, Kpi 2009)

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar anda. Bebas, tapi dilarang yang mengandung SARA.
Fastabiqul Khoirot